Cara Mudah Embed PDF di WordPress

Ada kalanya kita ingin menampilkan preview file pdf di blog kita, namun sayang kita tidak sedang menggunakan posterous, tapi WordPress. Jika anda pengguna posterous, Anda bisa memasukkan segala macam jenis file ke dalam blog dan akan otomatis ditampilkan secara embed dengan size yang sudah disesuaikan. Berbeda dengan posterous, di WordPress kita harus menambahkan plugin yang akan membuat embed pdf di post. Ada yang membuat embed pdf melalui google docs secara manual, namun menurut saya itu terlalu ribet. Ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan plugin RV Embed PDF. File pdf akan ditampilkan dengan bantuan google docs, namun kita tidak melakukannya secara manual. Itulah kelebihan RV Embed PDF, dapat menampilkan embed pdf secara otomatis.

Untuk instalasi cukup mudah, pilih Plugin > Add New. Search dengan kata kunci “RV Embed PDF”. Klik  Install untuk menginstall RV Embed PDF.

Sebagai ujicoba buatlah satu post, lalu klik Add Media, pilih file pdf yang akan ditampilkan di blog. Setelah file diupload, pastikan memilig Media File pada Attachment Display Setting.

Insert PDF file

Setelah post di publish hasilnya adalah sebuah preview file pdf dan link URL file pdf jika pengunjung bermaksud mendownload file pdf tersebut.

Selamat mencoba.

#WordPress

Comments

  1. relaksono - July 23, 2013 @ 09:38

    Wahh,. thanks gan atas infornya,, aku dari kemaren nyari-nyari, ternyata ini yang lebih mudah. di banding google drive atopun yg lainnya. 🙂

Leave a Reply