[Android] Download Lagu di SoundCloud Tanpa Software

SoundCloud adalah semacam media social untuk sharing lagu, self recording. Ada yang merekam piano, gitar, dan vokal. Jika Anda pengguna smartphone Android, aplikasi SoundCloud bisa diinstall melalui PlayStore. Dengan aplikasi SoundCloud tersebut Anda bisa browsing music sesuai genre, search artis, track, membuat playlist, follow, like, dsb. Satu-satunya syarat untuk memainkan lagu di SoundCloud hanya satu, yaitu Anda harus terhubung dengan internet.

Bagaimana cara download lagu di SoundCloud?

Pertanyaan ini tentu pernah ada dalam benak kita semua. Dan di playstore sendiri banyak aplikasi dengan judul SoundCloud Downloader, namun saya pernah mencoba beberapa aplikasi dan tidak bisa download karena file music tersebut dikunci, tidak bisa di download. So?

Setelah iseng-iseng browsing file di HP Android saya, ternyata SoundCloud membuat cache untuk lagu yang diputar, ada 2 folder, yaitu uncomplte dan complete. Lagu yang sudah selesai diputar ada di folder complete.

Nah, cara mudah untuk download lagu SoundCloud adalah dengan memanfaatkan file cache tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Install SoundCloud dan Total Commander (file browser yang bisa rename file extension)

2. Putar lagu yang akan didownload di SoundCloud.

3. Buka folder di internal memory menggunakan Total Commander, masuk ke folder Android > data> com.soundcloud.android > files > stream > complete

[Android] Download Lagu di SoundCloud Tanpa Software

4. Rename file yang ada disana dengan menambahkan .mp3 lalu simpan.

[Android] Download Lagu di SoundCloud Tanpa Software 2

[Android] Download Lagu di SoundCloud Tanpa Software 3

[Android] Download Lagu di SoundCloud Tanpa Software 4

Yup selesai..

 

 

#SoundCloud

Leave a Reply