Makam raja-raja Mataram Imogiri

makam raja imogiri

Kawasan Yogyakarta bagian selatan memang memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan wisata ziarah. Makan Raja-raja Mataram Islam yang berada di Imogiri, Bantul termasuk salah satu yang paling banyak diminati masyarakat.
Terletak sekitar 25 kilometer arah selatan Yogyakarta dan 12 km dari kota bantul, tempat ini memang sudah mendapat tempat tersendiri bagi masyarakat Jawa. Terbukti setiap malam Selasa Kliwon dan malam Jumat Kliwon makam Imogiri selalu ramai oleh pengunjung. Dan diyakini oleh masyarakat Jawa,malam Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon termasuk hari baik untuk mendapatkan berkah doa.
Makam Imogiri merupakan komplek makam bagi raja-raja Mataram dan keluarganya. Kompleks ini berada di Ginirejo Imogiri. Makam ini didirikan oleh Sultan Agung antara tahun 1632 – 1640M merupakan bangunan milik keraton kasultanan. Untuk menuju kompleks makam, pengunjung harus menaiki tangga berundak setinggi 345 tanggga dan harus berapakaian traditional jawa.
Bagi pengunjung yang datang di Makam Imogiri memang tidak hanya akan melihat dari dekat tempat makam raja-raja Jawa dari Keraton Ngayogyakarto dan Kasultanan Surakarta tetapi juga bisa menikmati sajian makan/minuman khas Imogiri berupa campuran dari daun cengkeh,jahe,gula batu, yang dinamakan minuman uwuh. Minuman ini termasuk menu favorit para pengunjung di makam Imogiri tiap malam selasa kliwon dan malam Jumat Kliwon.
sumber:visitingjogja.com

#Jogja#Keraton#Wisata

Leave a Reply