Yangko – Makanan Khas Kotagede

Yangko -  Makanan Khas Kotagede

Apa yang terkenal di Kotagede selain kerajinan perak? Yangko. Para pengunjung yang berasal dari luar Jogja tentu lebih sering mendengar tentang Gudeg atau Bakpia. Namun, ternyata ada juga Yangko yang merupakan makanan khas Kotagede.
Yangko adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari bahan tepung ketan, bentuknya persegi empat mungil, yang ditambah dengan baluran tepung terigu. Pada jaman dahulu Yangko berisi campuran kacang dan gula. Seiring perkembangan jaman, kini telah muncul Yangko dengan berbagai rasa, misalnya Cokelat, Strawberry, Durian, dan Melon.

Proses pembuatan Yangko sebenarnya tidak sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung ketan, gula, dan aroma. Ketiga bahan tersebut dibuat adonan menggunakan mixer. Adonan tersebut kemudian dibuat jenang hingga mengental. Setelah kadar kematangan dan keketalannya cukup, adonan dituang dalam wadah-wadah (baskom). Bila adonan sudah suam-suam kuku kemudian dituang untuk dilentreng (didinginkan dan dibuat melebar-tipis). Setelah dingin barulah adonan yang sudah jadi itu dipotong-potong, dibungkus kertas minyak dan disusun dalam dus yang telah disiapkan.
Dimana beli Yangko?
Banyak toko-toko di sekitar Pasar Kotagede yang menjual Yangko. Biasanya mereka memproduksi sendiri. Salah satu produsen Yangko yang paling tua di Kotagede adalah Ngudi Roso, letaknya di sebelah selatan Pasar Kotagede. Selain di Kotagede, Anda bisa juga mendapatkannya di toko-toko yang menjual makanan khas Jogja seperti di daerah Pathuk, Jalan Mataram, Jalan Solo, dsb.
Salam hangat dari Jogja..

Picture Credit : Witcha Fauzi

Comments

  1. Aan - May 20, 2011 @ 08:59

    Wah uenak tenan yen sing gawe putune mbah harjo gandoz …

  2. wahidhasan - May 21, 2011 @ 07:29

    ┬áhehe… pancen maknyus mas..

Leave a Reply