Lenovo Vantage

Saya pakai ThinkPad L421 ini sejak Juli 2014, sudah hampir 4 tahun. Dulu saya belinya second juga, dan kata penjualnya laptop ini baru dipakai sekitar 3 bulan. Masih kinyis-kinyis. Batrei masih kuat 3 jam-an buat ngerjain excel, dan sekarang tinggal 1,5 jam-an.

Waktu beli laptop ini, Windows 10 belum di-launching jadi saya memilih menggunakan Windows 7. Bagi saya, Windows 8 adalah produk gagal, makanya sama sekali tidak kepikiran nyobain Windows 8.

Lenovo punya software khusus yang namanya Lenovo System Update yang bisa dipakai untuk instalasi driver dan software pendukung, termasuk Lenovo Power Manager. Software ini hanya berjalan di Windows 7. Setelah Windows 10 meluncur, saya segera upgrade ke Windows 10 pada hari pertama peluncurannya.

Windows 10 memberikan segala hal yang saya butuhkan, dan inginkan, kecuali Lenovo Power Manager. Bahkan di web Lenovo bilang begini :

“There is no Lenovo Power Manager for Windows 10. ThinkPad systems with Windows 10 have dual-mode battery firmware. The firmware will help to recognize the battery health and automatically adjust the full charge capacity downwards to maintain maximum battery health. Therefore, it does not require users to manually maximize battery health with Lenovo Power Manager”

Lha tapi ada suatu setting yang hilang je. Dulu waktu masih pakai Windows 7, setelah batrei terisi penuh charger akan berhenti mengisi daya. Jadi batrei tidak akan overcharged. Setelah pindah ke Windows 10 meskipun batrei saya full, tetep muncul tulisan charging.

Jadi mau balik ke Windows 7? Oh tidak.

Hari ini saya sudah nemu solusinya, Lenovo tetap baik hati. Software Lenovo System Update itu sekarang ada di Store Windows 10 dengan nama Lenovo Vantage.

Pengaturan power management lebih lengkap, saya bisa mengatur pada prosentase berapa charger akan berhenti mengisi daya. Dan saya juga jadi tahu penjual laptop saya dulu orangnya jujur. Dari Lenovo Vantage tersebut seluruh data bisa kelihatan, termasuk kapan laptop saya petama kali menyala 22 April 2014. Yap, kurang lebih 3 bulanan ketika saya beli bulan Juli 2014.

Thank you ThinkPad !

Leave a Reply