Kasongan, Pusat Gerabah di Yogyakarta

Kasongan, Pusat Gerabah di Yogyakarta

Image Credit : http://www.flickr.com/photos/suburanugerah/

Kabupaten Bantul adalah kabupaten yang kaya akan obyek wisata, Makam Raja di Imogiri, Pantai Parangtritis, Pantai Kuwaru, Pusat Kerajinan Kulit di Manding. Nah, ada satu Pusat Kerajinan yang tak kalah terkenalnya dengan tempat wisata yang lain, yaitu KASONGAN. Ketika kita mendengar kata Kasongan, pasti yang ada di benak kita adalah kerajinan dari gerabah.
Kasongan telah lama dikenal sebagai desa penghasil kerajinan gerabah. Desa Wisata ini terletak di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, sekitar 6 km Selatan Kota Jogja atau Yogyakarta. Gerabah itu sendiri merupakan perkakas yang terbuat dari tanah liat/lempung atau dikenal sebagai keramik. Hampir seluruh warga Kasongan mempunyai aktivitas rutin membuat aneka kerajinan dan souvenir gerabah yang terbuat dari tanah liat.
Pada awalnya masyarakat kasongan ini membuat gerabah hanya terbatas untuk peralatan keperluan rumah tangga, seperti kendi (wadah air minum), gentong (wadah air), anglo (sejenis kompor dengan bahan bakar arang, untuk memasak), kendil (untuk memasak), dan lain-lain. Sekarang, seiring dengan perkembangan jaman, Kerajinan gerabah yang dijual di desa wisata ini bervariasi, mulai dari pernak-pernik kecil untuk souvenir (biasanya untuk souvenir pengantin), hiasan, pot untuk tanaman, penunjang interior (lampu hias, patung, furniture, etc), meja kursi, dan masih banyak lagi jenisnya. Bahkan dalam perkembangannya, produk desa wisata ini juga bervariasi meliputi bunga tiruan dari daun pisang, perabotan dari bambu, topeng-topengan dan masih banyak yang lainnya.

Kasongan, Pusat Gerabah di Yogyakarta

Kasongan, Pusat Gerabah di Yogyakarta

#Gerabah#Kasongan#Kerajinan#Wisata