Pentingnya Konsep Diri

“Aku sedih setiap kali habis ditelpon oleh orang tuaku, aku telah berubah, aku bukan lagi aku 7 tahun yang lalu”, beginilah kira-kira cerita seseorang yang merasa ia telah berubah, tidak seperti yang orang tuanya harapkan. Pertanyaan saya lebih lanjut adalah, apakah ini perubahan yang kamu inginkan? Kalau tidak, kamu sebenarnya ingin menjadi pribadi yang seperti apa?
Seringkali kita kebingungan saat ditanya sebenarnya kita ingin menjadi apa? maksudnya kita ingin menjadi pribadi yang seperti apa? Kadang ada juga yang masih bingung kalau diminta untuk membuat deskripsi singkat tentang dirinya, bakatnya, kelebihan, dan kekurangannya.
Menurut saya hal itu dikarenakan kita belum benar-benar mengenal diri kita, padahal konon mengenal diri sendiri adalah ciri-ciri orang yang dewasa. Nah, mengenal diri sendiri erat kaitannya dengan konsep diri.
Apa itu konsep diri? Pada dasarnya konsep diri adalah gagasan atau ide tentang diri kita sendiri. Konsep diri berkaitan dengan :
– Bagaimana kita melihat diri sendiri sebagai pribadi?
– Bagaimana kita menginginkan diri sendiri menjadi manusia sebagaimana yang kita harapkan?

Ada juga yang menyatakan lebih lengkap tentang konsep diri, yaitu konsep diri berkaitan dengan :
– The Self I See My Self
– Body Image
– The Self I Like To Be
– The Way I Feel Others See Me

Dari uraian di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa konsep diri adalah pribadi seperti apa diri kita akan kita arahkan atau wujudkan. Jadi tidak melulu apa yang ada pada diri kita sekarang.

Apa pentingnya? Konsep diri ada 2, yaitu positif dan negatif. Tentu saja yang lebih baik adalah yang positif. Nah, jika kita ingin memiliki konsep diri positif, tanamkan dalam diri kita bahwa kita adalah orang yang baik, jujur, disiplin, dsb. Kebiasaan akan membentuk pribadi kita, jika kita membiasakan bersikap baik, insyaallah kita akan berkepribadian baik. Jika suatu saat sifat2 buruk seperti pemarah, pemalas, mulai muncul, LAWANLAH. Jangan biarkan sifat2 buruk menguasai anda. Ingat-ingat bahwa anda punya misi untuk mewujudkan konsep diri yang positif.