Bukalapak vs Tokopedia, Pilih Mana?

Bukalapak Tokopedia

Saat ini Anda pasti sudah tidak asing dengan Bukalapak.com dan Tokopedia.com. Marketplace yang tengah naik daun tersebut kini cukup populer karena menawarkan kemudahan dan keamanan dalam berbelanja. Mengapa aman? Karena Bukalapak dan Tokopedia menjadi rekening bersama yang menjamin uang kembali jika barang tidak dikirimkan oleh penjual. Uang baru akan dikirimkan ke penjual setelah barang diterima pembeli.

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba membandingkan Bukalapak dan Tokopedia karena menurut saya dua toko online tersebut benar-benar bisa apple to apple segi model bisnis dan fitur.

Baiklah mari kita ulas satu persatu bagian Bukalapak dan Tokopedia.

Pendaftaran dan Login

Cara pembuatan akun di Bukalapak dan Tokopedia tidak jauh berbeda. Di Bukalapak Anda bisa menggunakan email, akun Facebook, dan akun Google untuk membuat akun Bukalapak. Sedangkan di Tokopedia pembuatan akun menggunakan email, akun Facebook, akun Google, dan akun Yahoo. Apabila mendaftar menggunakan email maka sebuah email akan dikirimkan ke email Anda. Selanjutnya Anda harus mengikuti petunjuk di email tersebut untuk mengaktifkan akun Bukalapak atau Tokopedia. Keduanya memberikan pengalaman yang hampir sama dalam hal pembuatan akun.

Untuk login ke akun Bukalapak atau Tokopedia, Anda dapat menggunakan akun Facebook, akun Google, akun Yahoo (khusus Tokopedia), ataupun memasukkan email dan password secara manual. Tokopedia kadang melakukan verifikasi saat Anda melakukan login, misalnya dengan verifikasi nomor HP ataupun nomor rekening yang didaftarkan di Tokopedia. Bagi saya pribadi hal ini cukup menggangu.

SKOR : 1 – 1

Pencarian Barang

Bukalapak dan Tokopedia menampilkan hasil pencarian barang dengan cara yang berbeda.

Bukalapak Display

Bukalapak menampilkan hasil pencarian dengan sederhana dan fitur filter dan sorting yang mudah dioperasikan. Bukalapak tidak secara khusus menampilkan barang yang menggunakan layanan berbayar.

Tokopedia Display

Tokopedia menampilkan hasil pencarian menjadi 3 bagian, yaitu Katalog, Produk, dan Promote. Menurut saya tampilan Katalog dan Produk membuat pencarian menjadi kurang nyaman dilihat, sedangkan Promote masih bisa dimaklumi karena letaknya di samping dan itu juga merupakan layanan berbayar milik Tokopedia.

SKOR : 1 – 0

Display Barang

Bukalapak menampilkan deskripsi barang dengan model panjang ke bawah. Nama barang, jumlah stok, harga, penjual, reputasi penjual, pengiriman, dan foto ditampilkan di bagian atas. Detail dan deskripsi barang, estimasi biaya pengiriman, feedback, dan catatan penjual ditampilkan di bagian bawah. Anda harus scroll mouse Anda agar dapat melihat detail barang.

Bukalapak Display 2

Tokopedia lebih ringkas dalam menampilan nama barang, harga, cicilan, deskripsi dan foto. Nama penjual dan reputasi penjual ditampilkan di bagian bawah.

Tokopedia Display 2

Bukalapak dan Tokopedia men-display barang dengan cara yang berbeda. Menurut saya Bukalapak lebih menekankan “Ini seller terpercaya, yakinlah membeli barang dari seller ini”. Sedangkan kalau Tokopedia, pesan yang saya tangkap adalah “Kalau masih terlalu mahal, kamu bisa membayar dengan cicilan”.

Dalam poin ini, saya lebih memilih Bukalapak karena lebih mengutamakan reputasi penjual, dengan kata lain kepercayaan.

SKOR : 1 – 0

Komunikasi Calon Pembeli dan Penjual

Bukalapak memilik fitur BL Chat untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi antara calon pembeli dan penjual. BL Chat akan tampil seperti chat pada Facebook dan dilengkapi dengan tanda centang seperti di WhatsApp sebagai pertanda bahwa pesan kita sudah terkirim dan dibaca oleh penjual/ pembeli.

Bukalapak Chat

Tokopedia menampilkan komunikasi penjual dan pembeli dengan istilah Diskusi Produk. Nama produk ditampilkan di samping kiri, sedangkan thread komunikasi penjual dan pembeli di sebelah kanan. Menurut saya tampilannya terlalu kaku.

Tokopedia Diskusi

Pada poin ini pemenangnya adalah Bukalapak karena fitur BL Chat yang lebih nyaman digunakan daripada Diskusi Produk punya Tokopedia.

SKOR : 1  –  0

Pembayaran

Bukalapak menerima pembayaran melalu 8 cara pembayaran, yaitu BukaDompet, Transfer, Kartu Visa/ Mastercard, BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, Mandiri E-cash, CIMB Clicks atau Rekening Ponsel, dan Indomaret. Bukalapak tidak memiliki fasilitas cicilan seperti Tokopedia.

Bukalapak Pembayaran

Pembayaran Tokopedia dapat dilakukan melalui 9 cara, yaitu Transfer Bank, KlikBCA, BCA Klikpay, Mandiri ClickPay, Mandiri ecash, e-Pay BRI, Cicilan kartu kredit, dan Indomaret. Metode pembayaran di Tokopedia lebih unggul karena adanya fasilitas cicilan dan pembayaran menggunakan e-Pay BRI.

Tokopedia Pembayaran

Baik di Bukalapak maupun Tokopedia, pembayaran selain transfer bank akan langsung dikonfirmasi dan status transaksi menjadi “DIBAYAR”. Oleh karena itu yang perlu saya uji adalah seberapa cepat Bukalapak dan Tokopedia dapat melakukan konfirmasi pembayaran melalui transfer bank. Perlu diketahui bahwa keduanya sama-sama menggunakan kode unik untuk mengindentifikasi pembayaran melalui transfer bank.

Pada tanggal 4 Januari 2016 saya melakukan order barang di Bukalapak dan Tokopedia dengan metode pembayaran transfer bank. Keduanya saya bayar dengan mobile banking.

Bukalapak memberikan konfirmasi sangat cepat, tidak sampai 5 menit dari saya transfer. Saya tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena Bukalapak mengenali pembayaran saya karena menggunakan kode unik.

Di Tokopedia, saya melakukan transfer tanggal 4 Januari 2016, lalu melakukan konfirmasi, dan pada tanggal 6 Januari 2016 Tokopedia baru memberikan konfirmasi pembayaran saya diterima. Luar biasa, perlu 2 hari untuk memverifikasi pembayaran, padahal sudah menggunakan kode unik juga.

Pada poin ini Bukalapak dan Tokopedia score imbang karena Tokopedia memiliki kelebihan dalam hal metode pembayaran, namun juga memiliki kekurangan dalam hal pembayaran transfer bank.

SKOR : 1  –  1

Pengiriman

Pengiriman ini lebih fokus pada penjual, karena pembeli hanya dapat memilih jasa pengiriman yang penjual sediakan saja. Misalnya penjual hanya bisa melayani pengiriman melalui JNE, pembeli tidak memiliki pilihan lain selain JNE. Sedangkan penjual bebas memilih jasa pengiriman apa yang akan digunakan agar barang cepat sampai ke pembeli.

Bukalapak menyediakan 5 jasa pengiriman yang dapat dipilih, yaitu JNE, TIKI, Pos Indonesia, RPX, dan Wahana.

Bukalapak Pengiriman

Tokopedia mendukung lebih banyak jasa pengiriman, yaitu 9 macam antara lain JNE, TIKI, RPX, Wahana, Pos Indonesia, Cahaya, Pandu Logistik, First Logistik, dan Si Cepat.

Tokopedia Pengiriman

Pada poin ini Tokopedia lebih unggul.

SKOR :  0  –  1

Dashboard

Bukalapak menampilkan dashboard lebih sederhana, semua link penting ada di sidebar sebelah kiri. Transaksi digabung dalam satu seksi dan di dalamnya baru ada tab pembelian dan penjualan. Misalnya saya akan mencari transaksi pembelian barang xxxx, saya cukup masukkan ke kolom pencarian.

Bukalapak Dashboard

Di Tokopedia navigasi juga ada di sidebar kiri, namun dibagi menjadi 4 bagian yaitu Kotak Masuk, Toko Saya, Profil Saya, dan Wawasan. Sekilas terlihat menunya sangat lengkap, namun justru membuat saya bingung. Misalnya saya mau melihat histori pembelian, saya klik Pembelian di sidebar kiri, lalu harus mencari di tab Daftar Transaksi yang secara defaultnya hanya menampilkan transaksi jangka waktu tertentu. Untuk melakukan pencarian cukup sulit karena keyword yang bisa digunakan hanya nama penerima dan invoice, selain itu harus mengatur waktunya juga.

Tokopedia Dashboard

Untuk desain dashboard Bukalapak lebih unggul karena desain yang lebih sederhana dan pencarian transaksi yang lebih mudah.

SKOR : 1  –  0

Favorit

Di Bukalapak hanya ada satu istilah saja, yaitu favorit untuk barang yang kita sukai. Kita tidak bisa menandai seller yang kita sukai. Jadi jika kita memiliki seller yang kita sukai, kita tidak bisa mengikuti update barang-barang dagangan seller tersebut.

Di Tokopedia, istilah favorit digunakan untuk menandai seller yang kita sukai, sedangkan untuk barang yang kita sukai menggunakan istilah wishlist. Jika ada barang atau seller yang kita favoritkan, daftarnya akan muncul di beranda tokopedia sehingga kita akan mengetahui dagangan baru apa saja dari seller favorit kita.

SKOR  :  0  –  1

Hasil keseluruhan untuk review saya kali ini adalah sebagai berikut:

Bukalapak Tokopedia
Pendaftaran dan Login 1 1
Pencarian Barang 1 0
Display Barang 1 0
Komunikasi Calon Pembeli dan Penjual 1 0
Pembayaran 1 1
Pengiriman 0 1
Dashboard 1 0
Favorit 0 1
 Jumlah 6 4

Dan pemenangnya adalah Bukalapak.com

#Bukalapak#Marketplace#Tokopedia