Kurir Kok Mudah Menyerah

Bulan lalu saya mengirim 2 paket untuk kawan saya di Jogja dengan alamat sekolah tempat ia bekerja. Seperti biasa saya mengirim menggunakan PJT (Perusahaan Jasa Titipan) yang telah saya percaya beberapa tahun terakhir, yaitu JNE. Setelah paket saya kirim tentu saja saya konfirmasi kepada kawan saya itu bahwa paket telah saya kirim, tugas saya telah selesai.

Satu minggu setelah paket saya kirim kawan saya memberitahu bahwa paket yang saya kirim belum sampai. Lalu saya satu kali ditelepon oleh JNE bahwa JNE tidak dapat menemukan alamat pengiriman dan paket saya akan dikirim balik ke Jakarta.

Dalam pikiran saya sebagai orang awam, masak sih sampai tidak dapat menemukan alamat yang notabene menggunakan alamat sekolah? Apa iya tidak pernah ada paket yang dikirim ke sekolah itu sampai JNE tidak dapat menemukannya? Akhirnya 2 paket saya kembali dan saya minta alamat lain kepada kawan saya agar JNE tidak bingung lagi dalam menemukan alamat. Dalam logika saya, tentu lebih mudah menemukan alamat sekolah daripada menemukan alamat rumah yang kadang letaknya di gang yang sempit.

Saking penasarannya saya sampai buka google maps dan mencari SLB Negeri 2 Yogyakarta dan Yogyakarta International School. Hasilnya adalah sebagai berikut:

SLB Negeri 2 Yogyakarta

SLB 2 Yogyakarta

Yogyakarta International School

Yogyakarta Internasional School

Menurut saya, tidak sulit menemukan alamat sekolah itu. Apalagi jika kurir JNE adalah orang telah memiliki jam terbang tinggi dalam hal pengiriman paket, tentu lebih mudah lagi menemukan alamat tersebut.

Saran untuk JNE

1. Ada baiknya JNE lebih memanfaatkan teknologi dalam melakukan pencarian alamat karena saat ini teknologi maps (bahkan yang gratisan) sudah cukup mumpuni untuk mencari alamat.

2. Jika alamat benar-benar tidak ditemukan namun nomor HP penerima barang masih bisa dihubungi, kiranya dapat ditawarkan kepada penerima untuk mengambil paket di agen JNE terdekat sebelum paket tersebut dikirim balik ke pengirim.

Itu saja masukan saya kepada JNE, saya tetap menjadi pelanggan JNE karena bagi saya JNE masih yang terbaik. Namun mohon kiranya dapat dilakukan perbaikan dan pembinaan kepada kurir atau petugasnya.

Terima kasih.

#JNE