Update Firmware Huawei K3765 a.k.a E1762

Bulan Oktober 2013 yang lalu saya dan @agungpemenang sedang tugas ke Bandung. Kebetulan Agung waktu itu berniat membeli modem GSM, jadi sekalian saya beli modem itu di BEC. Saya memberikan rekomendasi Huawei Seri K, karena setahu saya kode modem Huawei itu semakin tinggi semakin bagus. Akhirnya dibelilah Huawei K3765. Selain karena harganya terjangkau, 345ribu, bentuknya juga bagus.

Setelah 2 bulan dipakai tiba-tiba Huawei K3765 tersebut tidak dapat menerima sinyal dan aplikasi Mobile Partner (bawaannya masih versi 11) selalu hang. Saya coba install Mobile Partner versi 23 tetap hang juga. Wah ada yang ndak beres ini nampaknya, saya yakin modem itu gak rusak, mungkin semacam sedang sakit saja. Ini tantangan bro, akhirnya saya putuskan untuk membawa pulang modem itu ke rumah. Kalau setelah saya oprek hasil bagus ya Alhamdulillah, kalau tetep rusak ya Alhamdulillah, paling tidak saya dapat ilmu. Lagian kalau tidak dioprek modem itu tetap rusak, tapi kalau dioprek masih fifti fiti lah.. bisa baik, atau tetap rusak. 🙂

Huawei K3765

Dengan bantuan mbah Google, saya download update firmware untuk Huawei K3765 disini. Namun waktu instalasi kok ada yang gak beres, katanya firmware tersebut tidak cocok dengan devicenya. Wah mulai curiga nih, jangan-jangan K3765 jadi-jadian nih. Lalu saya buka google lagi, cari tools buat mencari tahu tipe modem huawei, lalu ketemu program yang namanya Huawei Unlocking Tools.

Setelah selesai download langsung saya eksekusi, dan cuma bisa bengong kok model : –

Huawei K

Saya coba pakai modem saya yang Huawei E153 hasilnya lengkap kok, model : E153. Hmmm.. Iseng-iseng aja masukin kode HWVER:CD25TCPV. Dan hasilnya ternyata firmware itu punya Huawei E1762. Di google memang banyak sih yang ngasih tutorial flash K3765 menjadi E1762, tapi saya gak tahu apa kelebihan E1762. Dalam keyakinan saya, seri K tetap lebih bagus.

Tidak ada pilihan lain, mau tidak mau harus dicoba update firmware pakai punya Huawei E1762. Dan awesome, berhasil.. Saya lepas dari USB, colok lagi ke USB, buka mobile partner.. dan sinyal HSPA sinyal Indosat IM2 bro..

Saya cek lagi pakai program Huawei Unlocking Tools hasilnya ini.

Huawei E1762

Jadi kesimpulannya, kalau modem tiba-tiba berperilaku yang tidak wajar, jangan buru-buru memberikan vonis rusak, mungkin hanya meriang saja, coba diflash dulu.

Tools yang dibutuhkan (khusus modem Huawei)

Huawei Unlocking Tools

Update Firmware Huawei E1762

#Huawei

Comments

  1. colliqpujie - December 14, 2013 @ 19:31

    udah gw coba update firmware tapi tetep ga ada network 🙁

Leave a Reply