Review Acer Z2 120, Smartphone yang jadi MP3 Player

Acer Z2 120 FrontKemarin saya membelikan Acer Z2 120 untuk teman saya, sebelum diserahkan ke yang punya saya sempatkan dulu untuk mencicipi terlebih dahulu Smartphone Android besutan Acer tersebut. Kenapa memilih Acer Z2 120? Karena untuk smartphone low end dengan ukuran layar di bawah 4 inch, Acer yang paling murah dibandingkan dengan LG dan Samsung. Handphone Cina tidak masuk kriteria.
Sebenarnya teman saya membeli smartphone tersebut tidak untuk digunakan sebagai smartphone, melainkan sebagai MP3 Player Android. Loh kok tidak membeli iPod sekalian? Kata temen saya begini:
– Acer Z2 120 ini harganya hanya Rp999.000, jadi masih lebih murah daripada iPod Nano dan iPod Touch. Sedangkan untuk media penyimpanannya teman saya memasang Micro SD 16 GB seharga Rp140.000, jadi kalau ditotal hanya Rp1.140.000. Kalau suatu saat pengen menambah kapasitas tinggal membeli Micro SD yang 32 GB.
– Dengan sistem Android temen saya itu bisa memilih program pemutar lagu dan video sesuka hati. Misalnya untuk MP3 Player temen saya memilih Jet Audio karena fitur browse foldernya lebih nyaman.
– Acer Z2 120 ini sudah dilengkapi dual SIM, Wifi, dan Bluetooth. Jadi jika sewaktu-waktu memerlukan koneksi internet bisa memanfaatkan fitur tersebut. Kalau iPod hanya ada Wifi saja.
– Kalau bosan bisa buat nge-game juga.. 🙂
Itulah alasan teman saya kenapa memilih Acer Z2 120 sebagai pemutar lagu.
Selanjutnya saya akan sedikit mereview Acer Z2 120.
1. Body
Acer Z2 120 BackBody Acer Z2 120 terbuat dari plastik yang menurut saya termasuk kokoh. Cover belakang cukup tebal dan tidak terlihat ringkih. Cover belakang untuk Z2 warna hitam dilapisi bahan yang kesat agar tidak licin.
Tombol power dan audio jack 3.5” terletak di atas, sedangkan di sisi samping kanan untuk tombol volume. Port mikro USB terdapat di bagian bawah, yaitu untuk meyambungan dengan charger dan koneksi dengan komputer.
2. Layar
Jangan terlalu berharap pada layar yang berukuran 320 x 480 pixels, 3.5 inch (~165 ppi pixel density).
3. Memory
Acer Z2 120 dilengkapi dengan memory 4 GB dan RAM 512 MB. Namun ternyata hanya tersisa 1,2 GB yang dapat digunakan untuk menyimpan data seperti gambar dan lagu, jadi mau tidak mau harus ditambahkan Micro SD.
4. Konektivitas
Seperti handphone Android pada umumnya, Acer Z2 ini dilengkapi dengan dual SIM GSM-GSM, Wifi, dan Bluetooth. Dengan demikian, Anda tidak akan kesulitan untuk terhubungan dengan internet.
5. Kamera
Acer Z2 120 dibekali dengan 3,15 MP, sayangnya hasil jepretan kurang memuaskan. Warna kurang alami.
6. Baterry
Untuk baterry jika digunakan untuk koneksi interet terus menerus 1 hari habis, namun jika tanpa koneksi internet bisa lebih lama.
7. Fitur Unggulan
Meskipun Acer Z2 120 harganya Cuma Rp999.000, ternyata smartphone ini memiliki kelebihan juga, yaitu fitur Auto On Off, Quick Mode, dan SRS Sound.
– Auto On Off : Jujur saja saya baru kali ini liat handphone yang ada fitur auto off dan on. Pengaturan cukup mudah, misal On pukul 07.00 dan Off pukul 21.00. Jadi setiap jam 21.00 di hari yang dipilih maka Acer Z2 akan mati sendiri dan jam 07.00 akan menyala sendiri.
Saya belum menemukan fitur ini di handset lain, namun saya sudah mencoba mencari aplikasi di Play Store dengan fungsi serupa ternyata harus di root terlebih dahulu. Sedangkan di Acer tanpa harus diroot.
– Quick Mode : Jika Anda tidak suka dengan launcher Android yang menampilkan banyak software, Quick Mode ini mencoba untuk menyederhanakan.
– SRS Sound : Berdasarkan wikipedia, SRS Sound adalah “The SRS technology applies head-related transfer functions (HRTFs) to create an immersive 3D soundfield using only two speakers, widening the “sweet spot,” creating a more spacious sense of ambience, and producing strong localization cues for discrete instruments within an audio mix. SRS is not a Dolby matrix surround decoder but works with normal stereo recordings”. Intinya dengan SRS Sound maka suara yang dihasilkan akan lebih baik, bisa diatur bass dan treble nya.

Itulah review singkat saya tentang Acer Z2 120.

#Acer#Smartphone

Leave a Reply