Cara Update Firmware Sony Xperia SP 12.0.A.2.245

Saya sudah beberapa bulan ini menggunakan Sony Xperia SP, menurut saya untuk masalah update tidak semudah Samsung dan HTC karena di Sony ada beberapa update yang harus terhubungan dengan komputer terlebih dahulu, padahal itu tidak merubah versi Android. Maaf saya membandingkan karena kebetulan saya juga memakai produk tersebut. Kalau di Samsung dan HTC, update versi Android pun tidak harus terhubung dengan PC, langsung dari handset.
Update Firmware untuk Sony Xperia SP (C5302 dan C5303) telah dirilis, yaitu Android 4.1.2 Jelly Bean dengan firmware build version 12.0.A.2.245. Saya sudah agak lama mencoba untuk update ke versi terbaru, namun selalu gagal karena selalu minta driver SEMC USB Flash Driver padahal pada update versi sebelumnya tidak diminta SEMC USB Flash Driver tersebut.
Update Xperia SP
Perubahan yang dibawa oleh versi 12.0.A.2.245 antara lain:
1. Notification bar menjadi semi transparan,
2. Menu setting yang lebih lengkap di notification bar,
3. User interfaces baru, yaitu background tombol home sebelumnya abu-abu menjadi hitam.
Ada beberapa cara untuk melakukan upgrade Android ke versi 12.0.A.2.245, antara lain dengan cara manual dengan Sony Flash Tool dan update melalui Sony Companion. Tulisan ini akan memberikan langkah-langkah untuk melakukan update firmware Sony Xperia SP melalui Sony Companion.
1. Pastikan di komputer atau laptop Anda telah terinstall 2 software berikut:
Sony Companion, download disini
SEMC USB Flash Driver, download disini
2. Hubungkan Sony Xperia SP dengan PC/ Laptop menggunakan kabel data dan pastikan Sony Companion mengenali handset Anda.
3. Pilih update untuk memulai proses update, setelah proses download selesai kita diminta untuk mencabut kabel USB dan mematikan handset.
4. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan kembali Xperia SP dengan PC sambil menekan tombol VOLUME DOWN (Ingat, hanya tombol Volume Down saja, tidak dengan tombol Power).
5. Setelah proses selesai, lepas kabel dan nyalakan Xperia SP.
6. Proses update selanjutnya dimulai saat Xperia SP dinyalakan. Restart sekali lagi setelah update selesai.
Selamat mencoba..

#Sony

Leave a Reply