Update Android Froyo Ke Ginger Bread ZTE Light

Update Android Froyo Ke Ginger Bread ZTE Light

Hari ini Tablet PC saya ZTE Light sudah berumur 1 tahun lebih 1 bulan, Alhamdulillah sampai saat ini belum pernah ada masalah. Sehat-sehat saja. Melihat perkembangan Android yang sudah sampai Versi 4.0 atau Ice Cream Sandwich (ICS), saya merasa ZTE Light jadul banget. Gimana gak jadul, lha wong ZTE Light saya masih Android 2.2 atau Froyo je. Akhirnya saya putuskan untuk update Android Froyo menjadi Android GingerBread. Kenapa gak ICS sekalian? Ya karena gak ada updatenya. ZTE tidak mengeluarkan update Android secara resmi, jadi ini sebenarnya update tidak resmi dari Cyanogen.
Berikut adalah langkah-langkah untuk update Android Froyo menjadi GingerBread pada ZTE Light.
1. Back Up semua data yang ada di ZTE Light, misalnya foto, lagu, atau catatan-catatan.
2. Download 3 file berikut:
OneClickRecoveryV9-4.0.0.8.apk, ini adalah aplikasi yang akan kita gunakan untuk backup ROM Froyo dan menginstall ROM Android GingerBread pada ZTE Light. DOWNLOAD.
ROM GingerBread update-cm-7.1.0-V9-KANG-signed-20111013.zip. Ini file ROM GingerBread buat ZTE Light. DOWNLOAD.
GoogleApps gapps-gb-20110828-signed.zip. Ini adalah paket aplikasi Google agar kita bisa terhubung dengan Google Store. DOWNLOAD.
3. Selanjutnya copy ke SDCard ZTE Light Tab. Misal pada folder \upgrade. File tersebut jangan di-ekstrak, tapi di-copy masih dalam bentuk file zip.
4. Pastikan baterai ZTE Light dalam kondisi full agar proses update berjalan lancar.
5. File yang pertama kali diinstall adalah OneClickRecovery, buka aplikasi file manager (Filer) untuk mem-browse folder lokasi OneClickRecoveryV9-4.0.0.8.apk. Lalu install file tersebut.
6. Setelah OneClickRecovery terinstall, jalankan aplikasi OneClickRecovery dari daftar aplikasi, maka ZTE Light Tab akan restart secara otomatis.
7. Setelah restart, akan langsung masuk ke menu ROM Manager. Gunakan tombol Volume Up untuk memindah kursor ke atas, Volume Down untuk memindah kursor ke bawah, dan tombol Power untuk Yes/memilih menu yang disorot.
8. Lakukan Back Up ROM terlebih dahulu melalui menu Backup. Ini akan memakan waktu beberapa saat. Setelah backup selesai, pilih menu Back untuk kembali ke menu utama.
9. Selanjutnya pilih menu install zip from sdcard, lalu pilih choose zip from sdcard, browse ke folder yang tadi di buat (sd card\upgrade)
10. Pilih file ROM update-cm-7.1.0-V9-KANG-signed-20111013.zip lalu pilih Yes. Maka proses upgrade akan berjalan. Tunggu hingga proses update selesai.
11. Pilih kembali menu install zip from sdcard, lalu pilih choose zip from sdcard. Dan browse ke folder tempat menyimpan file gapps-gb-20110828-signed.zip. Pilih file gapps-gb-20110828-signed.zip, lalu pilih Yes, dan tunggu hingga update selesai.
12. Kembali ke menu utama, pilih menu wipe data/fatory reset,
13. Kembali ke menu utama, lalu pilih advance, lalu pilih wipe dalvik cache, lalu pilih fix permission. Langkah ini harus dilakukan agar ZTE Light Anda bisa booting.
14. Kembali ke menu utama dan pilih reboot system now.
15. Setelah restart, maka Anda sudah berhasil upgrade Android Froyo (2.2) menjadi GingerBread (2.3) pada ZTE Light.

#Android

Comments

  1. odebatikbola - January 31, 2014 @ 13:21

    gan, kalo mengaktifkan hotspot wifi koq sering disconnect ya pada saat zte-nya mode stand by ? harus di ON kan lagi wifi hotspotnya… mohon panduan gan..

    • wahidhasan - January 31, 2014 @ 13:52

      Wifi dan hotspot gak bs nyala bersamaan gan, 1 hidup, 1 mati. Itu kyknya setring 3G nya gan, kalo stand by dia mati. Kayaknya ada setingannya, ane udah gak pegang ZTE light gan.

Leave a Reply