Bank yang Buka di Hari Sabtu

Kantor PosWaktu mudik lebaran kemarin saya lihat leaflet Tabungan Cermat dari Kantor Pos. Tabungan Cermat adalah produk tabungan hasil kerjasama Kantor Pos dan Bank BTN. Jadi statusnya kita punya tabungan di Bank BTN, tapi mulai dari pembukaan rekening, setoran , penarikan, dan sebagainya bisa kita lakukan di kantor pos. Nah, yang membuat saya tertarik adalah setoran awal minimum 10 ribu rupiah dan setoran selanjutnya minimal 5 ribu rupiah. Bayangkan saja, cukup membawa uang 10 ribu rupiah, ngisi formulir, kita sudah punya rekening bank dan ATM, dan tanpa biaya administrasi. Oh iya, kalau tabungan cermat ini gak pakai buku tabungan, jadi semua transaksi membutuhkan kartu ATM. Segmen yang dituju adalah masyarakat dengan penghasilan rendah.
Setelah saya pikir-pikir, bagus juga nabung di kantor pos. Setoran awal murah, setoran selanjutnya juga murah, dan yang lebih hebat lagi buka pada HARI SABTU. Apa untungnya? Ya untuk pedagang-pedagang kecil dan takut menyimpan uang dalam bentuk tunai, bisa memanfaatkan kantor pos. Mana ada bank yang buka di hari sabtu selain kantor pos dan BPD DIY. Nah karena saya tidak di Jogja, gak bisa dong buka tabungan di BPD DIY. Jadi tetap pemenangnya adalah KANTOR POS.
Pembukaan rekening Tabungan e’Batara Pos

TABUNGAN E-BATARA POSPagi-pagi, hari Rabu, 29 Agustus 2012 saya meluncur ke kantor pos deket kantor, eh ternyata belum buka karena yang pegang kunci lagi sakit. Lalu saya siangnya ke kantor pos lagi. Sebelum ke kantor pos saya sudah browsing-browsing dulu untuk mencari produk perbankan di kantor pos, ternyata ada 2 :
1. Tabungan e’Batara Pos
– Pakai buku tabungan
– Setoran awal 50 ribu
– Kartu ATM dan Debit VISA
– Gratis biaya administrasi bulanan minimal saldo Rp 300.000.
2. Tabungan Cermat
– Tanpa buku tabungan
– Setoran awal 10 ribu
– Kartu ATM
– Baru tersedia untuk wilayah Jateng.
Nah, kelihatan kan bedanya. Jadi akhirnya saya putuskan untuk membuka Tabungan e’Batara Pos karena 2 alasan : saya pengen yang pakai buku tabungan, soalnya kalau gak pakai buku tabungan itu rasanya gimana gitu dan Tabungan Cermat belum ada di kantor pos dekat kantor saya. Setelah menyerahkan foto kopi KTP dan mengisi formulir pembukaan akhirnya kelar juga pembukaan rekening e’Batara Pos dengan saldo 50 ribu hehe. Namanya juga tanggal tua, dan itu nanti memang khusus buat jualan saya jadi itu rekening saldonya mepet terus. Keluar masuk aja duitnya..

ATM nya mana?
“Maaf pak, stok kartu ATM di kantor pos ini sedang habis, kartu ATM bisa di ambil di Kantor Pos Purwakarta”, kata bapak-bapak petugas kantor pos. Okesip, gak apa2 pak.. nanti saya sekalian jalan-jalan ke Purwakarta sekalian mampir kantor pos pak.
Akhirnya hari Sabtu ini, pukul 07.55 saya sampai juga di Kantor Pos Purwakarta. Begitu masuk saya cuma bisa bilang “Wow, kereeenn”. Maap saudara-saudara saya lupa motret. Jadi kantor pos itu beberapa tahun terakhir memang sedang berbenah, jangankan kantor pos di kota, lha wong kantor pos di kampung saya di Ponjong, Gunungkidul saja keren je.
Saya disambut oleh satpam wanita dan saya dipersilakan menunggu di kursi yang lucu-lucu. Sumpah bro, biasanya kan kursi tunggu itu dari besi atau alumunium, lha ini kursi empuk tanpa sandaran, lonjong, bentuknya zig-zag, warna hitam dengan lis orange khas kantor pos. Pokoke apik bro..
Bener kata satpam wanita tadi, jam 8 loket customer servise baru buka, pantesan belum ada petugas yang duduk di belakang meja customer servise. Setelah menunggu sebentar akhirnya mbak-mbak dengan baju hitam orange mempersilakan saya duduk. Saya sampaikan maksud saya sambil menyerahkan foto kopi KTP dan buku tabungan, lalu saya dikasih amplop berisi kartu ATM, mbaknya menjelaskan kalau kartu baru bisa digunakan setelah PIN dikirim ke kantor, tanda tangan tanda terima. Pulang. Yak selesai, sesingkat itu..
Jadi saya gak nyesel harus jauh-jauh ke kota Purwakarta, saya jadi tahu ternyata Kantor Pos Purwakarta keren banget.. dan mbak-mbak customer servise cantik banget.. Loh?
Bravo Pos Indonesia..

#Bank BTN#Kantor Pos#Tabungan e'Batara Pos

Comments

  1. arikaka - September 9, 2012 @ 16:51

    wah, enak juga tuh hari Sabtu buka, ehmm tapi males ah buka akun2 tabungan baru hehe

  2. tricajus - November 28, 2012 @ 05:41

    gpp masss biar banyak (^_^)

  3. SofiaPutu - July 10, 2015 @ 15:14

    yg buka hari sabtu itu BTN nya atau tab e batara pos

    • wahidhasan - July 28, 2015 @ 09:27

      kantor posnya

  4. Hasan basri sh - April 15, 2016 @ 15:04

    Kalau mau penarikan uang di e batara pos hari sabtu”di bogor ada yg buka gak sih ”info dong”

Leave a Reply