Mencicipi Fedora 14 “Laughlin”

Diklat saya jalani saat ini ternyata membawa hikmah, saya dapat koneksi internet yang kencang (170 kbps). Saya bisa download semau saya di asrama, termasuk salah distro linux yang terkenal Fedora 14 dengan kode nama “Laughlin”. Kenapa saya tiba-tiba pindah ke Fedora? Saya sudah lama menggunakan Ubuntu (versi terakhir yang terinstall di laptop saya Ubuntu 10.04.). Sengaja saya tidak upgrade ke Ubuntu 10.10 karena saya malas download ulang lagi, setting lagi, saya sudah nyaman dengan yang ada saat ini. Ketika saya masuk di asrama, WiFi di laptop saya tidak bisa saya aktifkan karena driver WiFi di Ubuntu belum saya install, padahal saya tidak bawa modem. Ya sudahlah akhirnya coba-coba download Fedora 14, siapa tahu WiFi saya bisa langsung jalan tanpa install driver lagi. Setelah selesai download file .ISO nya, burn ke cd, dan install, akhirnya Fedora 14 tampil anggun di laptop Compaq Presario 301 saya. Laptop tua memang, prosesornya Intel Celeron 1,4 GHz dan RAM 1 GB. Namun Fedora 14 berjalan ringan tanpa hambatan.
Fedora 14 menggunakan Gnome, jadi saya sudah tidak canggung lagi. Hal selanjutnya yang harus saya lakukan adalah install program karena banyak program yang saya butuhkan belum terinstall. Fedora itu seperti Ubuntu, kita tidak bisa memutar file MP3 oleh sebab itu kita harus install Gstreamer terlebih dahulu.
So, apa saja yang saya install di Fedora 14 saya?
1. Google Chrome. Sebenarnya di Fedora 14 sudah terinstall Mozilla Firefox 3.6, namun jujur saya akui Chrome itu lebih stabil daripada Firefox. Firefox kerap crash. Saya download Chrome dari situs Google langsung.
2. Clementine. Music player bawaan Fedora adalah Rhytmbox, menurut saya suaranya kurang bagus dan tidak ada equalizer. Clementine tidak ada dalam repository, jadi saya download dari situs Clementine dan install manual.
3. Pidgin. Meskipun sudah ada Emphaty, saya tetap lebih senang dengan Pidgin. Banyak plugin yang bisa diinstall.
4. Open Office. Mutlak. Ini harus ada karena saya butuh Spreadsheet dan Word Processor.

Mencicipi Fedora 14 Laughlin

Sementara ini baru program-program itu yang saya install, mungkin nanti bisa bertambah lagi. Jika anda tertarik dengan Fedora, kunjungi situsnya diĀ http://fedoraproject.org/

#Fedora#Linux#Ubuntu

Leave a Reply