3 Kata : Tolong, Maaf, Terima Kasih


Waktu kuliah saya pernah mendapatkan tugas aneh bin ajaib, bagaimana tidak aneh, dalam Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi kami diberi tugas membuat paper dengan judul “Cara Membahagiakan Orang Lain”. Apa coba hubungannya dengan akuntansi? Meskipun sebenarnya itu tidak terlalu berat, bahkan bisa dibilang tidak penting. Saya sendiri waktu itu juga asal saja membuatnya.
Setelah sekian lama berlalu, akhirnya saya jadi berpikir kembali tentang “Cara Membahagiakan Orang Lain”. Kenapa saya tiba-tiba teringat hal itu? Begini ceritanya, saya sudah seminggu ini mengikuti diklat. Selama dua minggu pertama masa diklat, kami belum diijinkan makan di ruang makan dengan prasmanan karena kami masih dalam masa orientasi. Jadi kami makan menggunakan omprengan dengan nasi, sayur, lauk, buah, puding, dan lalap yang sudah ada di dalamnya. Meskipun begitu, jangan dikira porsinya minim, jujur ini terlalu banyak buat saya. Nah, hal inilah yang membuat hati saya sedih, saya kadang tidak mampu menghabiskan semua makanan yang disuguhkan. Para pegawai di bagian dapur sudah susah payah memasak untuk kita, namun saya tidak mampu menghabiskannya.
Hal kedua yang membuat hati saya tergerak adalah ketika para pelayan melayani kami, hanya beberapa teman saya yang mengucapkan terima kasih. Insyaallah saya tidak lupa mengucapkan terima kasih. Menurut saya, pekerjaan pelayan tersebut pantas mendapatkan ucapan terima kasih, pertama karena mereka telah melayani kita selama di asrama, kedua untuk penghargaan. Dengan ucapan terima kasih, mereka akan merasa jerih payah mereka dihargai. Mereka bekerja keras untuk menyiapkan makanan tepat waktu, ketika kita makan mereka selalu siap jika sewaktu kita membutuhkan mereka, dan setelah selesai makan mereka masih harus bersih-bersih. Bukankah mengucapkan terima kasih kepada mereka jauh lebih ringan daripada pekerjaan mereka?
Ada 3 kata yang harus selalu kita ingat “Tolong, Maaf, dan Terima Kasih”.
Jangan pernah lupa mengucapkan “TOLONG” ketika kita membutuhkan bantuan orang lain. Rasakan bedanya “Tolong ambilkan gelas itu”, dan “Ambilkan gelas itu!!”. Berbeda bukan?
Jangan pernah malu mengucapkan “MAAF” ketika kita berbuat salah.
Jangan pernah lupa “TERIMA KASIH” ketika orang lain membantu kita.

#Renungan#Uang

Comments

  1. nhi - March 30, 2011 @ 01:43

    baru mampir lagi… suka layoutnya…suka juga isinya yang ini….

  2. wahidhasan - March 30, 2011 @ 11:18

    makasih neni.. Ayo ngeblog terus.. hihi

  3. Gojeg - April 3, 2011 @ 00:16

    Joss.. setujuu..

Leave a Reply