Menggunakan Filter pada Gmail

Saya sudah sejak lama menggunakan Google Mail atau Gmail. Alasanya Gmail itu ringan (bisa standar view dan basic HTML), banyak fasilitas (Google Labs), cukup satu user untuk masuk ke berbagai layanan Google seperti Youtube, Blogger, Adsense, Analytic, Webmaster, dan Feedburner. Selain itu, saya juga suka dengan fasilitas POP3 dan IMAP. Nah, di Gmail ada juga fasilitas Filter. Apa itu Filter? Filter itu adalah fasilitas di email untuk mengelompokkan email sesuai kriteria. Misalnya: saya langganan post via email blog www.foodofcountry.com, nah setiap ada posting baru di www.foodocountry.com saya akan mendapatkan email. Email langganan dari foodofcountry tersebut tidak saya masukkan ke dalam inbox, namun saya bikin otomatis masuk ke folder “Blog Subscription” dengan label “Langganan Blog”. Efeknya, saya tidak akan mendapati email langganan tersebut di inbox, untuk membacanya saya harus membuka folder “Blog Subscription”. Oh iya, filter bisa juga kita gunakan untuk auto-forward email, jadi email dengan kriteria tertentu akan diteruskan ke alamat email yang kita pilih.
Kenapa saya menggunakan Filter? Ceritanya begini, setiap hari saya mengecek email, namun tidak setiap hari saya membaca email-email itu karena masalah waktu dan banyaknya email yang masuk. Nah, kebanyakan email tersebut adalah langganan feed/post dari blog lain. Saya punya waktu sendiri untuk membaca email/posting tersebut. Karena banyaknya email tersebut, kadang email-email yang penting menjadi tidak saya perhatikan dan akibatnya saya terlambat membaca dan membalasnya. Dengan filter, maka email-email penting akan langsung kelihatan di inbox. Sebenarnya ada fasilitas priority email, namun karena saya lebih sering menggunakan basic HTML fasilitas tersebut tidak bisa saya gunakan.
Berikut adalah petunjuk menggunakan filter pada Gmail.
1. Sebelum membuat filter, ada baiknya anda menentukan apa yang akan dilakukan terhadap email. Jika anda bermaksud untuk memberinya Label, maka anda harus membuat label terlebih dahulu.
2. Untuk membuat label, masuk Setting>Label.
3. Selanjutnya untuk membuat filter, masuk Setting>Filter>Create Fillter.
Filter Gmail 0
Filter Gmail 014. Masukkan kriteria yang diinginkan, ada 5 kriteria.
Filter Gmail
5. Gunakan Search Test untuk mengetahui apakah kriteria yang kita masukkan hasilnya seperti yang kita inginkan atau tidak.
6. Klik Next untuk masuk langkah selanjutnya, Choose Action. Skip the inbox : jika anda ingin email tersebut langsung masuk ke folder tanpa masuk ke inbox. Apply filter to …. : jika anda ingin filter ini diterapkan juga pada email yang sudah ada di inbox.
Filter Gmail 2
7. Langkah terakhir klik Create Filter.

#Google#Mail

Leave a Reply