Kuliner di Ponjong

Kuliner di Ponjong

Ponjong adalah kecamatan yang terkenal tidak pernah kekeringan, pasalnya di Ponjong terdapat sumber air yang berlimpah. Begitu juga dengan kuliner,  anda bisa mendapatkan makanan mulai dari cemilan sampai dengan makanan berat. Berikut adalah tempat makan yang bisa Anda kunjungi sewaktu pulang kampung ke Ponjong:
1. Sate Ayam Cak Bahri, letaknya di utara proliman ponjong. Hanya buka pada malam hari.
2. Bakmi Godhog Mbah Pinto, letaknya persis di sebelah utara proliman ponjong. Hanya buka pada malam hari.

3. Puli Tempe, setiap pulang ke Ponjong saya selalu menyempatkan diri mencicipi puli khas ponjong. Anda bisa mendapatkannya di sebelah selatan proliman ponjong. Selain puli tempe, anda juga bisa mencicipi Pecel yang enak.
4. Bakso dan Tahu Kupat Adem Ayem, letaknya proliman ponjong ke barat. Buka dari pagi sampai malam.
5. Bakso Pak Wondo, sebelum pindah, warung bakso Pak Wondo letaknya di sebelah barat proliman, namun sekarang sudah pindah ke selatan proliman.
6. Soto Betawi, meskipun di Ponjong ternyata ada juga soto betawi, letaknya proliman ponjong ke utara kurang lebih 200 meter.
7. Sate Kambing, selain sate ayam, ada juga sate kambing yang bisa anda dapatkan di selatan SMA Muhammadiyah Ponjong. Selain itu Anda juga bisa mencicipi sate kambing yang ada di sebelah timur polsek Ponjong (arah ke pasar ponjong).
8. Ikan Bakar. Wah Ponjong itu gudangnya ikan. Ada banyak pemancingan dan rumah makan yang bisa Anda kunjungi di daerah Simo. Kalau anda mencari yang relatif dekat dengan jalan raya, Anda bisa mengunjungi Sumilir atau Ghana. Keduanya sama-sama menyajikan masakan ikan goreng dan ikan bakar yang maknyus.
9. Mie Ayam. Di sekitar pasar ponjong ada beberapa penjual Mie Ayam yang bisa Anda kunjungi, selain itu di sebelah utara polsek juga ada Mie Ayam yang enak.
10. Rumah Makan Padang. Wah rasanya setiap daerah pasti ada yang membuka rumah makan padang. Begitu juga di Ponjong. Jika Anda penggemar masakan padang, anda bisa mengunjungi rumah makan padang yang ada di sebelah barat proliman Ponjong. Di sebelah utara pasar ponjong (arah ke polsek) juga ada 2 rumah makan Padang yang bisa Anda kunjungi.
11. Emping Jagung khas Ponjong, anda bisa mendapatkannya di desa Ponjong.
Ada satu lagi makanan yang sepertinya tidak saya temukan di tempat lain, yaitu Kicikan. Biasanya saya membeli Kicikan di pasar ponjong.
Demikianlah tempat-tempat makan yang bisa Anda kunjungi di Ponjong. Tentu saja masih banyak tempat-tempat makan yang belum saya sebutkan, oleh karena itu mohon bantuan teman-teman semua untuk menambah daftar tempat makan yang ada di Ponjong.

Oh iya, dulu sempat ada yang jualan Kwetiaw dan Capcay di daerah Tanggulangin, namun sekarang sudah tutup. Sampai saat ini saya juga belum menemukan penjual Pecel Lele.
Welcome to Ponjong…

Photo Credit : Nurudin Jauhari

Comments

  1. Bisnis Tiket Pesawat - September 20, 2010 @ 04:55

    kapan-kapan nyoba ahhh..
    cz keliatannya enak banget tuh makanannya,

  2. wahidhasan - September 20, 2010 @ 06:44

    Silakan mas.. Pokoknya sugeng rawuh..

  3. darisjati - September 28, 2010 @ 09:03

    Puli tempe? check this out: http://darisjati.wordpress.com/2010/09/22/puli-gendar-karak-lempeng-mengandung-boraks/
    Btw kalo mau jajanan pasar yang langka nan lejaaat, masuk aja ke Pasar Legi Ponjong, buka tiap pasaran legi dan pon.
    ?: itu foto ambil di titik mana ya?

  4. wahid hasan - September 28, 2010 @ 09:06

    Wah kok medeni mas..
    Itu foto dari blognya Pak Jauhari mas..

  5. Wawan Purnama - September 28, 2010 @ 15:24

    Ponjong deket Jaranmati/karangmoju ya?

  6. wahidhasan - September 29, 2010 @ 00:29

    Iya mas.. jaranmati ke timur lagi..

  7. darisjati - September 29, 2010 @ 03:51

    Pantesan, kayak gak asing lagi dengan spot di foto itu. Brarti itu ambil di depan rumah Mas Nur Jauhari, pinggir kali Sumber Ponjong. Nah, di Ujung sawah itu letak rumahku Hid

  8. wahidhasan - September 29, 2010 @ 09:34

    Wah kenal pak jauhari to? Kapan2 tak dolan nenggone njenengan mas nek pas mudik ke Pjo..

Leave a Reply