Berburu Oleh-Oleh Khas Jogja

Berburu Oleh-Oleh Khas Jogja

Ketika Anda berkunjung ke Jogja, tidak perlu khawatir memikirkan buah tangan yang akan dibawa untuk sanak keluarga. Seperti halnya di seputaran Jalan Mataram, Jalan Laksda Adi Sucipto, dan Jalan Bhayangkara, Anda akan menemukan beragam oleh-oleh khas Jogja.
Apabila perjalanan Anda dimulai dari Yogya bagian utara, tidak hanya suasana pegunungan Merapi yang menawan yang bisa dinikmati, namun juga bisa menikmati kebun salak yang banyak ditemui di daerah Turi, Sleman. Anda bisa langsung memetik sendiri buah salak dari pohonnya. Kalaupun sedang tidak musim salak, Anda bisa menikmati salak pondoh yang sudah diolah menjadi keripik salak dan dodol salak.
Masih di daearah sleman, jika ingin berburu jadah tempe yang terkenal dengan sebutan Burger Jawa mari meluncur ke daerah Kaliurang. Di daerah tersebut terkenal dengan panganan yang konon menjadi makanan kesukaan kerabat Kraton. Sambil berwisata alam bisa juga menikmati hangatnya jadah tempe yang legendaris tersebut.

Menuju Sleman bagian barat, yaitu di daerah Godean ada camilan yang tidak kalah renyahnya, belut segar digoreng kering dengan dilapisi tepung. Keripik belut ini cocok untuk camilan, lauk-pauk, dan oleh-oleh.
Ingin perjalanan yang lebih menantang? Coba susuri daerah Wonosari, Gunungkidul. Anda akan menemukan makanan pokok warga Gunungkidul seperti Gatot dan Tiwul. Selain itu masih ada juga makanan khas Gunungkidul lainnya seperti Belalang Goreng, Patelo, dan Nasi Merah Lombok Ijo.
Dari Wonosari jika ingin nyruput Wedang Uwuh bisa meluncur ke daerah Imogiri, yaitu di daerah sekitar Makam Raja di Imogiri. Bagi yang percaya, minuman ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena hangat di badan. Di pasar Imogori Anda juga bisa menjumpai Pecel Bunga Turi. Sebelum menuju Imogiri, mampir dulu di daerah Pasar Jejeran untuk menikmati Sate Klathak. Sate Klathak banyak dijual di sepanjang jalan menuju Imogiri.
Dari Imogiri Anda bisa singgah sebentar di Kotagede untuk mencicipi Bakpia, Yangko, atau Kipo. Oh iya, jika Anda ingin membeli Gudeg bisa juga mengunjungi daerah Wijilan. Setelah Anda pusa berkeliling kota Jogja, tidak ada salahnya menuju Kabupaten Bantul Projotamansari, banyak makanan yang perlu dicoba seperti Peyek Mbok Tumpuk, Geplak, Mie Lethek, Peyek Jingking. Tidak hamya itu, di daerah Kasongan ada makanan legendaris Pecel Mbah Welut yang sudah puluhan tahun berdiri.
Di kota Jogjakarta masih ada juga tempat-tempat yang bisa dikunjungi untuk mencari makanan-makanan khas Jogja, misalnya Pasar Lempunyangan, anda bisa mendapatkan Jenang Sumsum yang kondang.
Selamat menikmati.. Welcome to Jogja..

Sumber: Minggu Pagi edisi minggu II September 2010.

Comments

  1. Printer kasir - September 17, 2010 @ 02:42

    Wah,,Oleh2 nya ber aneka macamden info yang sangat membantu…

Leave a Reply