Tips SEO : Meningkatan Kecepatan Blog

Google telah mengumumkan secara resmi bahwa kecepatan website atau blog akan menjadi pertimbangan dalam ranking. Untuk mendapatkan rank yang bagus, sebaiknya kita membuat blog menjadi lebih cepat di-load. Selain itu, pengunjung juga lebih menyukai blog yang cepat dibuka daripada blog yang lambat. Saya telah banyak mengunjungi blog yang kontennya sebenarnya bagus tapi berat waktu dibuka di browser. Kali ini saya akan memberikan tips sederhana untuk meningkatkan kecepatan blog.
1. Pilih template/theme yang ringan
Template yang menggunakan image sebagai background lebih berat daripada yang tidak. Oleh karena itu pilih desain yang minim image. Kalaupun menggunakan image, gunakan image yang kecil-kecil tapi di-repeat. Desain yang bagus tidak harus menggunakan image yang banyak, karena saat ini CSS mampu membuat blog lebih indah.
2. Kompres Image agar lebih kecil
Kita biasanya menggunakan image dalam posting, agar lebih mudah dipahami dan indah. Agar performance blog tetap okey, gunakan format .jpeg yang lebih ringan. Kalau perlu gunakan program untuk mengompress ukuran file image.
3. Widget
Gunakan widget yang sekiranya diperlukan. Jangan memasang widget untuk sekedar membuat blog kelihatan penuh.
4. JavaScript
Javascript memang bisa membuat blog tampil lebih bagus, namun semakin banyak javascript akan membuat waktu load semakin lama.
Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *