Kodratnya Manusia

Beberapa waktu lalu saya ikut seminar enterpreneurship (ketoke salah neh nulise).. Hoho.. Nah, salah satu pembicaranya Pak Ippho Santosa. Lucu. Seminar tentang kewirausahaan jadi ngelantur sampai nikah, sedekah, motivasi, otak kanan, dsb.
Pak Ippho itu sempat bilang, “kodratnya manusia itu ya bergaul dengan manusia, bukan dengan mesin, komputer, buku”.
Saya tadinya gak ngeh, maksudnya gak terlalu mikirin perkataan Pak Ippho tersebut. Beberapa minggu kemudian akhirnya baru saya ngeh.
Begini ceritanya, entah kenapa akhir-akhir ini saya bawaannya suntuk, badan rasanya gak enak, males ngapa-ngapain, yah.. pokoknya jadi gak semangat buat beraktivitas.
Akhirnya saya mencoba introspeksi barangkali ada sesuatu yang salah, dan sepertinya memang ada yang salah dengan diri saya akhir-akhir ini.
1. Kurang Silaturahmi, dalam sehari saya hanya mengobrol dengan teman waktu di kampus, di kos saya tidak ada teman ngobrol, akhirnya banyak waktu yang saya habiskan di depan laptop.
2. Kurang Sedekah, kata Pak Ippho, sedekah itu bisa membukan jalan rejeki, dan kadang saya menjadi pelit sedekah ketika baru akan memulai usaha dengan modal pas-pasan seperti saat ini. Yakinlah, Allah akan membalas 700 kali lipat !!
3. Kurang Khusyuk Ibadah
4. Kurang Bersyukur
dan mungkin masih banyak lagi kejelekan yang saya lakukan.. Semoga hari esok lebih baik.. Amin..

2 responses

  1. Imam Suharjo Avatar
    Imam Suharjo

    Betul mas, saya juga pernh ngalami hal yg mirip & Terbuka wawasan setelah ikut seminar Entrepreneurship.
    Waktu itu oleh pak Ciputra.

  2. pemecahan solusinya mas:
    1. kurang silaturahim => main2 aj k ponjay, tmpat ku…
    2 kurang sedekah => diriku juga menerima sedekah makan siang n makan mlm kq.

    hehehee….tetep smngat mas!!!

Leave a Reply