16 Jam Nonstop Internetan

Wuih..akhirnya setelah 16 jam download file ISO Ubuntu 6.10 LTS Edgy Eft. 2 Maret 2007 menjadi hari yang paling gila dalam hal urusannya dengan internet. Saking kepengennya nyobain Ubuntu, hari itu aku memutuskan untuk ikut paket malam di radjanet. Perkiraanku waktunya cukup untuk mendownload file 700 MB, tapi ternyata meleset jauh sekali.
Jam 10 malam aku dah datang di warnet bawa Laptop kesayanganku. Langsung saja kunyalakan Kubuntu, eh lha kok Wifi tidak terdeteksi. Ya.. akhirnya gak jadi ngrasain internetan pake Linux. Back to Windows XP (Bajakan tentunya). Pertama-tama buka email, friendster, dan sbgnya yang sekiranya perlu, termasuk update antivirus dan update my Firefox. Setelah beres, jam 11 tepat aku mulai mendownload melalui mirror di Taiwan. Karena berurusan dengan file yang besar, tentu saja aku memanfaatkan Download Accelerator 8.1. Cukup bagus, keuntungannya kita bisa pouse dan resume. Jadi misalnya sewaktu-waktu listrik padam, bisa dilanjutkan nanti.
Waktu sudah menunjukan pukul 04.00, aku belum tidur sama sekali, dan aku mulai gak tenang sewaktu liat indikator baru bejalan 40 persen. Wah bisa sampai siang neh.. Dan benar, jam 8 pagi paketanku habis, aku baru dapat 60 persen. akhirnya aku ambil paket lagi 3 jam, tapi ternyata tidak cukup juga. Warnet sudah mulai ramai, jadi koneksinya semakin lambat. Dan pukul 13.00 Akhirnya aku menyerah, sudah 99 persen. Aku lelah, dan laptopku mungkin lebih lelah lagi bekerja nonstop hampir 15 jam. And I go home with unfinished work…
Sementara aku mandi aku berpikir, mungkin gak ya di resume di kantor? Im sure. Jam 2 lebih aku ke kantor, setting ini itu. Dan Alhamdulillah masih bisa di resume, itu artinya apa yang kulakukan semalaman menjadi tidak sia-sia. Aku tidak butuh internet yang cepat, yang penting stabil itu sudah cukup.
Kujalankan lagi DA 8.1 ku, what.. kecepatannya cuma 2,5 KBPs. Lambat betul… Tak apa. Sembari menuunggu download, aku tidur di Sofa, bangun-bangun jam empat, download sudah selesai. Kucoba burn di CD dan Alhamdulillah berhasil. Insyaallah malam ini akan kucoba install di Laptopku, menggantikan Kubuntu 6.06 yang telah lebih dulu nongkrong.
Alhamdulillah.

#Linux

Leave a Reply